Selasa, 29 Januari 2013

Bolu Pandan


Bolu Pandan

Hari ini adalah hari Selasa, hari dimana aku ga bisa pergi ke sekolah karena harus istirahat di rumah. Sudah empat hari ini kejadian berdarah akibat kejedot di mobil pulang dari touring. Alhamdulillaah setelah chek ke dokter spesialis Senin malamnya setelah di endoskopi ternyata ga ada apa-apa hanya memar ringan. Dokter hanya memberikan resep.
Satu harian setelah beres-beres paginya, nyapu rumah, beresin kamar dll. Akupun seperti biasanya, langsung megang si Acera Biru, online euy :D. Mencari informasi apa saja, membaca berita, mengolah blog, update status, mengecek email dan oriflame. Hari ini di rumah, diem begitu saja berasa bosen, tanganku gatel mau buat something. Aku berencana masak buat apa gitu hari ini. Sempat kepikiran mau buat pizza, puding. Eh, karena di kulkas ada telur, butter, tepung, santen jadi pingin buat bolu pandan. Pandan daun sujinya tinggal ngambil di belakang rumah.  Ini resepnya ya. Coba yuk

Bahan:

7 kuning telur
25 gram gula pasir halus
50 gram santan kental (bisa juga pakai kara)
25 ml air daun suji (dari 25 lembar daun suji dan 2 lembar daun pandan) Kalau ga ada pakai pasta aja.
1/4 sendok teh essens pandan (banyak dijual di swalayan)
8 tetes pewarna hijau (Pakai pites ya J atau maen feeling aja tergantung selera hijaunya mau soft ata hijau banget hehhe)
30 gram mentega dicairkan atau pakai minyak goreng juga bisa
150 gram tepung terigu
1/2 sendok teh baking powder
7 putih telur
1/2 sendok teh garam
1/4 sendok teh cream of tartar
100 gram gula pasir halus (gula diblender terlebih dahulu) Atau beli yang langsung jadi juga ada.

Cara membuat:

Kocok kuning telur dan gula pasir halus sampai kental. Tambahkan santan, daun suji, essens pandan, pewarna hijau, dan mentega cair sambil diaduk rata.
Masukkan ke dalam tepung terigu dan baking powder sambil diaduk perlahan. Sisihkan.
Kocok putih telur, garam, dan cream of tartar sampai setengah mengembang. Tambahkan gula pasir halus sedikit-sedikit sambil dikocok sampai mengembang.
Tuang ke dalam campuran tepung terigu sedikit-sedikit sambil diaduk perlahan.
Tuang ke dalam loyang
Oven  dengan api bawah suhu 170 derajat Celsius 50 menit sampai matang (buat cake ini apinya ga boleh gede, kalau gede alamat guosong)
Balik loyang dengan bantuan sebuah piring
Garnis, terserah mau pakai cream tambah keju, kalau ada kenari lebih enak lagi. Untuk foto di atas Saya ga pakai kenari.

Jam 10 pagi aku mulai masak bolunya. Sebelum mixer bahan-bahannya, aku panasin dulu ovennya. Sekitar 8 menit aku buat adonan bolunya sampai mengembang. Buat bolu itu gampang banget tinggal bahannya dicemplungin dan dimixer jadi satu, kemudian cetak ke loyang. Panggang deh selama 45 menit dengan suhu 180 degree. Voila jadi bolu pandanku. :)




Selasa, 29 Januari 2013

2 komentar:

  1. suka dengan puisimu...
    lihat cake chiffon sarah jd pengen buat jg... ^_^
    nice pic sist.... ^_^
    keep jepret.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasi mbak Mimie :). InsyaAllaah kudu banyak belajar dari mbak mimie nih soal jepret makanan dan minuman hehhe.

      Hapus